Pendidikan pada semua tingkatan berkaitan dengan memperoleh pengetahuan (knowledge), keterampilan (skills), dan sikap (attitude). Belajar pengetahuan (kognitif) meliputi mendapatkan informasi dan konsep. Perolehan pengetahuan dilakukan dengan cara memahami, menganalisa dan menerapkannya pada berbagai situasi baru. Belajar sikap (afektif) melibatkan pengujian dan klarifikasi, perasaan dan preferensi. Peserta didik terlibat dalam menilai diri sendiri dan hubungan dirinya dengan materi pelajaran yang sedang dipelajari. Pengetahuan, keterampilan, sikap diperoleh melalui pencarian. Peserta didik harus berada dalam proses pencarian, yaitu mencari jawab dari pertanyaan yang diberikan maupun pertanyaan yang dibuatnya sendiri. Peserta didik mencari sendiri solusi dari permasalahan yang ditantangkan oleh validator untuk dipecahkan dan diselesaikan. Peserta didik dihadapkan pada berbagai soal yang memaksa mereka mengkaji dan menguji apa yang mereka yakini, Proses inquiri ini akan terjadi ketika peserta didik mendapat berbagai tugas dan kegiatan yang mendorong mereka untuk berpikir, bekerja, dan merasakan. (Sumber: Active Learning)
Rabu, 15 Februari 2012
Hasil Belajar
Published Under
active_learning
Bagaimana peserta didik memperoleh pengetahuan, keterampilan, dan sikap aktif dalam belajar?
Pendidikan pada semua tingkatan berkaitan dengan memperoleh pengetahuan (knowledge), keterampilan (skills), dan sikap (attitude). Belajar pengetahuan (kognitif) meliputi mendapatkan informasi dan konsep. Perolehan pengetahuan dilakukan dengan cara memahami, menganalisa dan menerapkannya pada berbagai situasi baru. Belajar sikap (afektif) melibatkan pengujian dan klarifikasi, perasaan dan preferensi. Peserta didik terlibat dalam menilai diri sendiri dan hubungan dirinya dengan materi pelajaran yang sedang dipelajari. Pengetahuan, keterampilan, sikap diperoleh melalui pencarian. Peserta didik harus berada dalam proses pencarian, yaitu mencari jawab dari pertanyaan yang diberikan maupun pertanyaan yang dibuatnya sendiri. Peserta didik mencari sendiri solusi dari permasalahan yang ditantangkan oleh validator untuk dipecahkan dan diselesaikan. Peserta didik dihadapkan pada berbagai soal yang memaksa mereka mengkaji dan menguji apa yang mereka yakini, Proses inquiri ini akan terjadi ketika peserta didik mendapat berbagai tugas dan kegiatan yang mendorong mereka untuk berpikir, bekerja, dan merasakan. (Sumber: Active Learning)
Pendidikan pada semua tingkatan berkaitan dengan memperoleh pengetahuan (knowledge), keterampilan (skills), dan sikap (attitude). Belajar pengetahuan (kognitif) meliputi mendapatkan informasi dan konsep. Perolehan pengetahuan dilakukan dengan cara memahami, menganalisa dan menerapkannya pada berbagai situasi baru. Belajar sikap (afektif) melibatkan pengujian dan klarifikasi, perasaan dan preferensi. Peserta didik terlibat dalam menilai diri sendiri dan hubungan dirinya dengan materi pelajaran yang sedang dipelajari. Pengetahuan, keterampilan, sikap diperoleh melalui pencarian. Peserta didik harus berada dalam proses pencarian, yaitu mencari jawab dari pertanyaan yang diberikan maupun pertanyaan yang dibuatnya sendiri. Peserta didik mencari sendiri solusi dari permasalahan yang ditantangkan oleh validator untuk dipecahkan dan diselesaikan. Peserta didik dihadapkan pada berbagai soal yang memaksa mereka mengkaji dan menguji apa yang mereka yakini, Proses inquiri ini akan terjadi ketika peserta didik mendapat berbagai tugas dan kegiatan yang mendorong mereka untuk berpikir, bekerja, dan merasakan. (Sumber: Active Learning)
About Author
Donec sed odio dui. Duis mollis, est non commodo luctus, nisi erat porttitor ligula, eget lacinia odio sem nec elit. Sed posuere consecteturDonec sed odio dui. Duis mollis, est non commodo luctus, nisi erat porttitor ligula, eget lacinia odio sem nec elit. Read More
Langganan:
Posting Komentar (Atom)
0 komentar:
POST A COMMENT